Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dimanakan Pertama Kali Bahasa Yahudi Digunakan?

Dimanakan Pertama Kali Bahasa Yahudi Digunakan? - Bahasa Yahudi merupakan salah satu bahasa menarik di dunia yang dipakai oleh seluruh umat Yahudi di belahan bumi ini.

Sebelum perang dunia II terdapat delapan juta orang Yahudi yang menggunakan bahasa Yahudi dalam berkomunikasi sesamanya.

asal bahasa yahudi, sejarah bahasa yahudi
Ilustrasi : Pixabay

Adakah perbedaan bahasa bangsa Yahudi zaman dahulu dengan zaman sekarang?

Terdapat perbedaan penggunaan bahasa Yahudi zaman dahulu dengan sekarang. Dahulu umat Yahudi menggunakan bahasa Ibrani yang dipakai pada Kitab perjanjian Lama.

Menurut umat Yahudi bahasa Ibrani yang mereka pakai dahulu merupakan bahasa kaum terpelajar, bahasa agama, bahasa dari sebagian kesusasteraan.

Seperti halnya di negara Israel saat ini sebagian rakyatnya masih menggunakan bahasa Ibrani.

Berbeda dengan zaman sekarang ini, menurut kebanyakan kaum Yahudi terpelajar zaman sekarang menganggap bahwa bahasa Yahudi itu hanyalah sebagai dialek yang dipergunakan oelh golongan masyarakat rendah yang kurang berpendidikan.

Darimanakah asal bahasa Yahudi?

Pada hakikatnya, bahasa bangsa Yahudi awalnya berkembang dari Jerman. Kira-kira seribu tahun yang lalu banyak orang-orang Yahudi dari Prancis dan Italia Utara mulai bermukim dan menetap di daerah Jerman Barat.

Karena terjadi pencampuran bahasa dari ketiga negara tersebut lahirlah bahasa baru yang mereka sebut bahasa Yahudi. Orang Jerman menyebutnya dengan istilah "Yudish".

Kemudian orang Yahudi melakukan migrasi ke Polandia dan negara sekitarnya setelah abad keempat belas.

Di tempat baru ini orang Yahudi mengembangkan kembali bahasa tersebut dengan sejumlah variasi bahasa dengan memasukkan istilah-istilah bahasa setempat.

Sedangkan bangsa Yahudi yang masih menetap di Jerman juga melakukan perkembangan bahasa Yahudi ke dalam tahap yang paling murni dibandingkan dengan yang lainnya.

Apakah tulisan murni bahasa bangsa Yahudi?

Pada dasarnya bahasa Yahudi ditulis dengan menggunakan huruf Ibrani. Hal itu disebabkan juga karena banyak kata-kata yang diambil dari perbendaharaan kata-kata Ibrani.

Tetapi sebagian besar perbendaharaan kata-katanya sudah sangat berbeda. Akan tetapi menurut riwayat perkembangan bahasa ini, selama waktu yang sangat panjang bahasa ini hanya dipakai oleh kaum wanita.

Sebab kaum wanita dianggap bukan kaum terpelajar. Bagi bangsa Yahudi kaum terpelajar hanya dimiliki oleh kaum pria, sehingga bahasa Yahudi diisebut "bahasa ibu".

Mengapa bahasa bangsa Yahudi bahasa yang menarik?

Kebanyakan bahasa di dunia ini berbeda dengan bahasa bangsa Yahudi. Kenapa? Karena bahasa Yahudi merupakan bahasa yang banyak mengambiil perbendaharaan kata-kata dari tempat mereka bermukim.

Misalnya saja, kebanyakan orang-orang yang berbahasa Yahudi di Inggris akan menyebutkan "carpet" untuk permadani, "floor" untuk lantai, "hat" untuk topi dan sebagainya.

Tetapi di Amerika orang-orang Yahudi punya istilah untuk hal-hal tertentu. Misalnya saja mereka menggunakan istilah "schmaltz" untuk mengartikan seseorang yang bertingkah laku sentimental secara berlebih-lebihan.

Posting Komentar untuk "Dimanakan Pertama Kali Bahasa Yahudi Digunakan?"