Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kota Yang Pertama Kali Menerima Jaringan 5G


Jaringan5G, Negara pertama kali menggunakan jaringan 5G, Jaringan nirkabel

Belum meratanya internet di Indonesia, menyebabkan indonesia merupakan salah satu negara tertinggal dalam jaringan internet. 

Sebagian daerah hanya menerima jaringan 3G, kemudian baru sedikit daerah menerima jaringan 4G. Namun kini, dunia telah melirik jaringan terbaru 5G dan akan berdampak pada Indonesia.

Berbagai masalah jaringan nirkabel masih melanda indonesia, yang menyebabkan tidak dapat dalam waktu dekat ini. 

Di antara masalah tersebut adalah belum ada Spektrum Radio yang tersedia di Indonesia untuk jaringan 5G.

Namun di wilayah manakah jaringan 5G pertama kali diterapkan? Terlebih dahulu kita mengulang kembali apa itu jaringan nirkabel 5G.

Apa itu Jaringan 5G?

Jaringan 5G merupakan teknologi nirkabel generasi kelima yang mampu mengirim data dengan kecepatan hingga 1GBps. 

Dengan kecepatan tersebut jaringan ini akan berdampak positif pada Industri 4.0 dan Internet of Things.


Jaringan 5G



Konektifitas dengan kecepatan sangat besar itu akan membuat segala pekerjaan lebih efisien dan memberi akses informasi yang banyak dalam waktu singkat.

Kilas Balik Teknologi Nirkabel Generasi 1 Hingga 5

Berikut adalah perbedaan mendasar dan secara umum, pengetahuan ini akan membawa anda memahami lebih baik tentang jaringan 5G. Kilas belik teknologi dari generasi ke generasi : 
  1. Generasi 1 atau 1G merupakan teknologi ponsel pertama ketika mampu mengirimkan suara secara nirkabel. 
  2. Generasi ke-2 atau 2G merupakan teknologi yang mampu mengirimkan suara + text dan ini yang sangat populer pada tahun 2000an di Indonesia. 
  3. Generasi ke-3 atau 3G merupakan teknologi ketika berhasil mengirimkan data suara + text + internet dalam satu perangkat.
  4. Generasi ke-4 atau 4G merupakan teknologi ketika perangkat mampu melakukan transfer data dengan kecepatan hingga 60Mbps.
  5. Generasi ke-5 atau 5G merupakan teknoogi ketika perangkat mampu melakukan transfer data dengan kecpatan hingga 1GBps.

Apa manfaat dari Jaringan 5G

Sebahagian orang mungkin bertanya, untuk apa kita menggunakan jaringan 5G dengan kecepatan begitu cepat dengan kecepatan 4G kita sudah bisa bekerja dengan baik?

Jawabannya adalah, tahun demi tahun kedepannya kita akan sering berhadapan dengan komunikasi video dan big data, seperti streaming, video call, cloud dan lain-lain. 

Untuk dapat memberikan akses jaringan data video tanpa buffering, dibutuhkan kecepatan yang luar biasa dalam transfer data.

Dunia yang akan dihadapi kedepannya merupakan dunia Cloud, dimana semua data akan terhubung dalam satu akses. 

Misalnya, dalam hal menjalankan aplikasi saja, saat kini kita masih menjalankan aplikasi yang masih terinstall pada komputer untuk aktifitas bekerja. 

Namun dengan teknologi Cloud, kita tidak usah melakukan install, perawatan, khawatir komputer kehilangan data dan sebagainya. 

Semua sudah disimpan dalam sebuah sistem big Data dengan sistem keamanan yang canggih.

Upaya dalam mengembangkan teknologi ini sudah tampak dengan munculnya berbagai perangkat elektronik seperti chip prosessor yang sudah mendukung komunikasi wireless seperti Qualcom Snapdargon 855 dan Samsung dengan Exynos 5100.

Dimana Jaringan 5G Pertama Kali di Luncurkan?

Tanggal 1 Oktober 2018 merupakan pertama kali jaringan 5G diluncurkan di dunia oleh Verizon Wireless, salah satu perusahaan telekomunikasi New York. 

Wilayah yang mencakup jaringan 5G di mulai Houston, Sacramento, Los Angeles, dan Indianapolis kemudian Panama City, FL (berdasarkan informasi yang dikutip dari Verizon).

Posting Komentar untuk "Kota Yang Pertama Kali Menerima Jaringan 5G"