Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Satuan Waktu dan Mengapa Pusat Waktu Ada di Greenwich ?

Greenwich dan Satuan Waktu 

Apa Satuan Waktu dan Mengapa Pusat Waktu Ada di Greenwich ? - Waktu termasuk salah satu hal yang paling dekat dengan kita, bahkan kita sering mendengar istilah "dikejar-kejar waktu".  

Lalu, bagaimana cara menentukan perhitungan waktu tersebut?.  Dalam menentukan waktu dibutuhkan suatu pengukuran. Pada dasarnya, satuan waktu adalah second atau detik.

Apa Satuan Waktu dan Mengapa Pusat Waktu Ada di Greenwich ? 

Selain detik, dalam proses pengukuran waktu ada dua satuan waktu yang digunakan lainnya yaitu satuan waktu hari dan waktu tahun. Kedua pengukuran tersebut berasal dari ketentuan yang didasari oleh pergerakan bumi. 
 
Adapun penjelesanannya adalah sbagai berikut:
  • Satuan waktu hari diperoleh dari pergerakan bumi terhadap sumbunya. 
  • Satuan waktu tahun diperoleh dari pergerakan bumi mengelilingi matahari.
Satuan hari dibagi dalam jangka waktu 24 jam. Satu jam dibagi lagi dalam 60 menit, dan 1 menit dibagi dalam 60 detik. 
 
Kenyataannya panjang waktu dalam satu hari berbeda-beda. Kadang kala kita merasakan waktu terasa panjang atau pun terasa pendek (singkat).
 
Hal tersebut disebabkan oleh kecepatan pergerakan bumi pada sumbunya. Akan tetapi perbedaan panjang waktu tersebut tidak terlalu jauh berbeda, sehingga dapat diartikan jangka waktu satu hari penuh adalah 24 jam.
 

Siapa yang menetapkan perhitungan waktu di Dunia?

Wilayah bumi dibagi ke dalam wilayah-wilayah meridian oleh peneliti. Meridian yaitu garis lingkar yang melewati Kutub Utara dan Selatan.
 
Wilayah yang terletak pada garis meridian yang sama memiliki jangka waktu yang sama. Wilayah yang terletak pada garis di sebelah timur atau barat dari masing-masing meridian mempunyai perbedaan waktu.
 
Dari satu wilayah meridian ke wilayah meridian berikutnya memiliki perbedaan waktu satu jam.

Mengapa di Greenwich?

Terdapat garis meridian yang tepat melewati kota Greenwich di Inggris, oleh peneliti diberi nomor 0 sebagai penentuan garis meridian utama. 
 
Sehingga garis inilah yang menjadi patokan dari semua garis meridian lainnya, baik yang menjurus ke sebelah timur maupun ke sebelah barat dari kota Greenwich.
 
Itulah sebabnya waktu yang berlaku di seluruh dunia didasari atas perhitungan waktu yang berlangsung di Greenwich. 
 
Para ahli ilmu perbintangan atau astronomi di Observation Greenwich menyetel alat jam mereka sesuai dengan peredaran matahari atau letak suatu bintang tertentu. 
 
Mereka memeperoleh (mencocokkan) waktu yang tepat pada saat matahari atau bintang melintasi garis meridian di Greenwich.
 
Selain itu pusat-pusat observasi di negara-negara lain juga melakukan penelitian waktu dengan seksama. Mereka mengirimkan informasi waktu melalui radio. 
 
Misalnya di Amerika Serikat, Observasi Angkatan Laut di Washington D.C, juga memperoleh waktu dengan tepat.
 
Penelitian yang dilakukan tersebut menggunakan alat jam yang dijalankan oleh kristal batu kuartz. Motor-motor listrik yang ada di dalam jam tersebut diatur oleh getaran kristal atau batu kuartz. 
 
Dengan demikian alat jam tersebut dapat mempertahankan kesamaan waktu setiap harinya dengan hanya selisih waktu 1/1500 detik perhari.

AM dan PM 

Pewaktuan juga terbagi atas dua yaitu AM dan PM. Apa arti dari AM dan PM? Baca disini.
 
Sekian tulisan cara menentukan perhitungan waktuJika anda merasa tulisan ini bermanfaat, anda bisa bagikan kepada teman-teman anda.

Posting Komentar untuk "Apa Satuan Waktu dan Mengapa Pusat Waktu Ada di Greenwich ?"