Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

AM PM Apa Artinya? Pembagian Waktu AM PM dan Kepanjangannya

Perbedaan AM PM

AM PM Apa Artinya? Pembagian Waktu AM PM dan Kepanjangannya - Dalam kehidupan sehari-hari, penyebutan jam sering menggunakan istilah AM atau PM . Akan tetapi, tidak semua tahu arti dari AM PM.

 
AM PM Apa Artinya? Pembagian Waktu AM PM dan Kepanjangannya
AM PM ilustrasi Pixabay.com
  

Bagaimana waktu dapat dibagi ke dalam AM dan PM?

Seperti yang sudah kita ketahui, bumi beredar mengelilingi matahari dan bintang-bintang. Tetapi, apabila kita mengamati dengan mata seolah-olah benda- benda langit tersebut lah yang mengelilingi bumi. 
 
Waktu siang hari tentu saja kita mulai hitung dari saat terbitnya matahari dari sebelah timur hingga terbenamnya matahari sebelah barat. 
 
Apabila letak matahari tinggi tepat berada antara dua kedudukan yang sama, maka dapat disimpulkan separuh dari jarak waktu dalam satu hari telah ditempuh.
 
Oleh karena itu, orang-orang zaman dahulu dapat mengetahui dan menyatakan jarak waktu dalam satu hari, dengan cara memperhatikan letak matahari. 
 
Sama hal nya pada waktu malam hari, bintang-bintang seperti bulan mempunyai tugas yang sama dalam menentukan waktu. 
 
Prinsip orang zaman dahulu dalam menentukan waktu ialah bagaimana mengetahui saat yang tepat berlangsungnya tengah hari. 
 
Waktu tengah hari yang tepat ialah apabila matahari tepat berada satu garis lurus di atas kepala seseorang yang sedang berdiri di ruang terbuka atau di lapangan terbuka. 
 
Lalu seseorang terebut membayangkan garis khayal, yaitu garis meridian, yang ditarik melintasi bumi di tempat seseorang berdiri. Garis meridian tersebut membentang dari titik paling utara kaki langit batas pandangan mata sampai ke titik selatan batas pandangan mata.
 
Apabila matahari melintasi garis meridian, maka hari telah sampai pada batas tengah hari. Apabila matahari masih terletak di sebelah timur dari garis meridian maka waktu tersebut masih terhitung pagi hari. 
 
Apabila matahari telah menyeberangi garis meridian, maka waktu telah menunjukkan lewat tengah hari.
 
Jadi...
 
Ante Merdiem atau AM artinya waktu sebelum jam dua belas tengah hari. AM dimulai dari pukul 00:01 tengah malam hingga pukul 12.00 tengah hari. 
 
Post Merdiem atau PM artinya  waktu sesudah jam 12 siang hari. PM dimulai dari pukul 12:01 tengah hari hingga pukul 00:00 tengah malam.
 

Darimana Kata Ente atau Post Merdiem Berasal?

Kata meridian tersebut diserap dari bahasa latin yaitu "meridies" yang berati tengah hari. Jadi, A.M adalah singkatan dari Ante Meridiem yang berarti sebelum sebelum tengah hari. Sedangkan P.M adalah singkatan dari Post Meridiem yag berarti lewat tengah hari. 
 
Setiap wilayah di dunia ini memiliki perbedaan waktu, hal tersebut didasari oleh panjang garis bujur yang ditempuh matahari melintasi cakrawala dalam satu jam. 
 
Panjang garis bujur tersebut meliputi kurang lebih lima belas derajat. Oleh sebab itu, setiap orang yang tinggal di wilayah atau zona yang sama akan melihat letak matahari yang sama pada siang hari. 
 
Maka setiap wilayah atau zona berikutnya akan memiliki pengukuran waktu berbeda satu jam.
 
Semoga artikel ini bermanfaat...

Posting Komentar untuk "AM PM Apa Artinya? Pembagian Waktu AM PM dan Kepanjangannya"